Rabu, Juli 23, 2008

Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)


Pengantar:
Setelah sukses dengan seri pertama "Blogguebo and Friends' Project" dan mendapatkan tanggapan sangat positif dari teman-teman blogger pembaca setia blog ini, bulan Juli ini Blogguebo kembali menghadirkan seri kedua "Blogguebo and Friends' Project".

Sekedar mengingatkan, "Blogguebo and Friends' Project" adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini di seputar topik blogging dan make money from blog. Tentu saja, Anda bisa terlibat dengan proyek ini juga.

Seri kedua "Blogguebo and Friends' Project" kali ini menampilkan 10 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Apakah Anda telah melakukan monetisasi untuk blog Anda? Apa program monetisasi yang Anda pilih untuk blog Anda? Kenapa Anda memilih program monetisasi tersebut?"

dr. Fajar Rudy Qimindra (Pemilik FajarQimi.com):
"Ya, tetapi belum optimal. Sementara ini baru memonetisasi blog saya dengan menampilkan iklan Bidvertiser.com saja. Kenapa? Karena paling mudah buat newbie, walau hasilnya recehan. Sambil terus belajar bersama Blogguebo.com."

Jimmy Kurnia Indradjaya (Pemilik JimmyKurniaIndradjaya.com):
"Saat pertama saya menjalankan bisnis online, saya menggunakan Google Adsense. Namun saat ini saya sengaja tidak menempatkan iklan apapun di blog saya. Alasannya adalah agar pengunjung merasa nyaman tanpa terganggu oleh iklan. Saat ini saya hanya memasang Autoresponder lewat e-book yang saya tawarkan untuk tetap menjalin hubungan dengan leads yang datang ke situs saya."

Satrio Tri Pamungkas (Pemilik Gnupi.com):
"Ya saya memonetisasi blog saya. Saya memonetisasi blog berbahasa Inggris dengan Google Adsense, Adbrite, Widgetbucks dan SponsoredReviews. Alasan memilih Google Adsense karena ad network tersebut bersifat kontekstual sehingga cenderung relevan dengan artikel-artikel yang ada di blog. Untuk AdBrite dan Widgetbucks, mereka memberikan insentif atas impresi di blog kita. Dan Widgetbucks memiliki tampilan yang segar (untuk traffic US). Saya mengikuti SponsoredReviews karena program paid review ini tidak terlalu ribet dan memiliki kaidah yang jelas dalam mengevaluasi harga blog kita di mata mereka. Untuk blog berbahasa Indonesia, saya memasang AdToll hanya untuk riset pribadi saja, bukan karena mereka memiliki keunggulan tertentu. ;D"

Andi Candra (Pemilik Artiku.com):
"Ya, sebelumnya saya pernah mencoba banyak penyedia jasa untuk monetisasi blog, tetapi dari semua yang saya coba sampai sekarang, saya masih bertahan dengan Kliksaya, ProjecWonderful, Kontera dan paid review (ReviewMe dan BuyBlogReview) karena dari program-program itulah "recehan" berhasil saya kumpulkan. Alasannya? Kliksaya adalah program iklan pay per click Indonesia yang pertama kali saya ikuti dan langsung cocok karena tidak ribet dan terbukti membayar. untuk ProjectWonderful saya tertarik dengan semboyannya yaitu "Everybody Wins" dan iklannya yang berbentuk gambar. Kontera saya suka karena letak iklannya bisa dimana saya, tidak harus di box iklan yang sudah kita sediakan sehingga lebih fleksible. Dan untuk program paid review tidak ada alasan khusus, kebetulan saja kedua program tersebut mau menerima blog saya. Hehehehehe."

Lutfi Rifa'i (Pemilik Lutfi-Rifai.web.id):
"Tidak (belum terpikirkan untuk memasangnya di blog pribadi saya). Pilihan program monetisasi yang saya akan lakukan? Program direct ads. Alasan: Program direct advertising mungkin lebih menjanjikan untuk blog yg mempunyai komunitas atau keahlian tertentu misal: CosaAranda.com dengan komunitas pembaca-nya dan JackBook.com dengan template blogger-nya. :D"

Eko Nurhuda (Pemilik EkoNurhuda.com):
"Tanya: Apakah Anda telah melakukan monetisasi untuk blog Anda?
Jawab: Sudah. Bahkan sejak pertama kali membuat blog.

Tanya: Apa program monetisasi yang Anda pilih untuk blog Anda?
Jawab: Saya lebih cenderung memilih paid review, terutama SponsoredReviews dan Blogvertise. I really love them!

Tanya: Kenapa Anda memilih program monetisasi tersebut?"
Jawab: Yang jelas karena trafik saya kurang menguntungkan kalau untuk mengandalkan penghasilan dari PPC yang berbasis klik. Dengan paid review, tidak peduli banyak-sedikit pengunjung yg penting review selesai dolar bisa dikantongi."

Rijal M.R. (Pemilik Rijal28.com):
"Ya, beberapa blog yang support Adsense aye pasangi Google Adsense seperti Rijal28.info. Google Adsense menurut aye cukup menunjang untuk usaha online jangka panjang."

Deni Priyantoro (Pemilik DeniPriyantoro.blogspot.com):
"Ya, saya telah memonetisasi blog saya dengan memasang iklan-iklan dari pihak ketiga, seperti: Obeus, AdToll, Kumpulblogger. Alasannya: menurut saya selain dapat menjadi sumber tambahan uang bagi saya sekaligus dapat menjadikan blog tampak lebih ramai dan kelihatan lebih menarik."

Bambang B.S (Pemilik Bambosi.net):
"Ya, saya memonetisasi blog saya dengan memasang Adsense serta paid review. Alasannya Adsense adalah bisnis online yang tetap eksis sejak dulu dan jauh dari scam. Kemudian paid review adalah bisnis online yang sedang hot saat ini."

Ahmad Sirojuddin (Pemilik ShiroGadget.com):
"Ya, saya telah melakukan monetisasi untuk blog saya. Tapi mendapatkan earning dari situ sangat susah, yang gampang cuma daftarnya. Program yang saya pakai adalah CPC yang mengizinkan bahasa Indonesia, sesuai dengan bahasa yang dipakai di blog saya. Kalau blog yang bahasa English, ya tentunya Adsense. Sudah punya nama, kopas code-nya gampang, tapi cari earningnya tetap susah."

Endro (Pemilik Ensept.com):
"Ya, monetisasi blog saya dengan target luar masih ads text dari BackLink dan LinkAdage. Untuk target Indonesia Kliksaya dan KumpulBlogger. Alasannya: paling gampang daftarnya dan memiliki PR minimal 1 untuk ads text."

------------------------------------------------------------------

Hampir semua blogger yang terlibat dalam seri kedua "Blogguebo and Friends' Project" kali ini telah memonetisasi blognya. Ada yang telah mendapatkan hasil ratusan dollar, ada juga yang masih "recehan". Menghasilkan uang lewat blog memang bukan lagi hal yang baru atau apalagi tabu untuk dilakukan. Asal dengan cara-cara yang benar. Toh halal kok. :)

Terima kasih untuk teman-teman yang telah berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 2" ini.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda melakukan monetisasi untuk blog Anda? Senang sekali jika Anda juga mau berbagi disini. Saya tunggu komentarnya. :)

Ingin terlibat dalam "Blogguebo and Friends' Project"?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting "Blogguebo and Friends' Project" di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Kuota 10 tempat untuk seri ketiga "Blogguebo and Friends' Project" masih kosong. Silahkan mendafar. Sebagai insentif tambahan, saya akan memberikan e-book "Make Money Online with John Chow" kepada 10 orang pengirim email pertama.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari Abhisays.com)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Blogguebo and Friends' Project
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Monetisasi ala Adsense versi Indonesia Untuk Blog Anda

41 Komentar:

Ardo mengatakan...

Horee Pertama.
Sudah mas Medhy. Udah monetizing. Hasilnya yang masih jelek!

tambenk mengatakan...

lagi parah nih mas..
ga bisa mikir jernih...
absen dulu aja deh yaa..
hiks...
:(

pertamax lagi ehhh...

tambenk mengatakan...

uhh...telat 1 menit...
sial...sial...

hakimtea mengatakan...

Banyak juga ternyata program2 pendulang dolar... saya baru memanfaatkan sebagian kecil saja, bahkan kecil sekali... perlu belajar terus sama master2 di atas nih... :)

Tony mengatakan...

Mantap-mantap nih pendapatnya :) harus belajar lebih banyak lagi nih :)

Jimmy Kurnia Indradjaya mengatakan...

Mas Medhy, terima kasih bahwa pendapat saya lewat email telah ditayangkan di blog ini juga termasuk terima kasih atas back linknya. Semoga semakin sukses dan kita majukan bersama IM di Indonesia tercinta ini.

Medhy Aginta mengatakan...

Ardo: Hehehe. Selamat Mas Ardo. :)

Tambenk: Kenapa Mas? Good luck aja deh.

Hakimtea: Sama-sama belajar Mas Hakim.

Tony: Mas Tony kan oke juga pendapatnya kemarin.

Jimmy Kurnia Indradjaya: Sama-sama Mas Jimmy. Thanks juga atas partisipasinya. :)

Ruud mengatakan...

Monetize pake adsense, tapi masih parah hasilnya mas. Si google suka angin-anginan sih

Medhy Aginta mengatakan...

Ruud: Hehehe. Sabar Mas. Never give up! :)

ekads mengatakan...

klo saya pake adsense tapi belumoptimal,trus nyoba ikutan reviews balum dapat job :((

Medhy Aginta mengatakan...

Ekads: Yang penting jangan berhenti mencoba Mas Eka. Try and try more. :)

tipis mengatakan...

paid review emang paling mantab. cocok untuk blog yg trafiknya parah seperti semua blog saya. asalkan sudah ber PR aja, mudah dapat job review. tampaknya untuk saat ini saya fokus ke paid review saja dulu, lainnya hanya sebatas ingin tahu aja :)

Medhy Aginta mengatakan...

Tipis: Thanks sharingnya Mas Sandy. Good luck untuk paid reviewnya. :)

xero mengatakan...

wah akhirnya diposting juga, kirain ga jadi mas :D btw saya mau donk ebook nya.. gimana cara dapetnya?

Medhy Aginta mengatakan...

Xero: Ebook yang mana ya Mas? Make Money Online with John Chow? Atau ebook Blogguebo.com?

Feri mengatakan...

Kalau saya cuman fokus ke adsense aja dulu sama amazon. :)

deni | uang dari internet mengatakan...

wa....waaa...(histeris)...akhirnya bisa masuk di postingnya mas medhy...hore...tiada kata yang bisa ku ucapkan selain trimakasih banyak...maaf nih agak katrok...(baru pertama kali nampang di blog sukses)...sukses ya mas...

Medhy Aginta mengatakan...

Feri: Sukses ya Mas Feri. Thanks sharingnya.

Deni: Hehehe. Sama-sama belajar Mas Deni. Sukses juga. :)

gout mengatakan...

wach hebat banget yaa mas idenya....salut....comment nya juga bagus" tuch...

konsultasi kesehatan mengatakan...

terima kasih Mas Medhy....atas dimuatnya comment saya n backlinknya....makyuss

Insya Allah, minggu ini balik ke Sby..cuma 4 hari aja...mempersiapkan istri mo sekolah lagi di Unair....doakan ya Mas..

Mau donk ebooknya : Make Money Online with John Chow....

Medhy Aginta mengatakan...

Gout: Thanks apresiasinya Mas. Mau ikutan? :)

Konsultasi Kesehatan: Sama-sama Mas Fajar. Thanks juga partisipasinya. :)

Untuk e-book, silahkan kirim email ke saya.

bdn mengatakan...

mas numpang tanya ya, sebenarnya bisa ga sih berjualan produk lewat blog dengan domain gratisan macam blogspot dengan cara mereview produk tersebut dan diberi link untuk belinya? lebih tepatnya sih blog itu khusus jualan katakanlah jualan gadget, jadi isinya review produk2 ttg gadget, bukan blog membahas gadget trus ada iklan jualan gadget seperti yng biasanya gitu? soalnya ada yang bilang sih ga boleh, tapi aku sendiri belom tau? pingin nyoba sih dari dulu. plesae kalo tau dijawab ya? thanks :)

Medhy Aginta mengatakan...

Bdn: Boleh saja Mas Didit. Silahkan memanfaatkan Amazon Associates untuk link affiliasi produknya.

bocah mengatakan...

:D hehehehe belom bisa ikut mas :D ga bisa jawab pertanyaannya. takutnya jawabnya ngelantur hahahahaha.

Cara langganan artikel disini gmn sih ?? saya bingung :( dl dah daftar tapi ga ada tuh artikel-artikel disini yang masuk ke email saya.beda kayak ca.com yang tiap kali update selalu masuk email. Masalahnya dimananya yah mas ??

Medhy Aginta mengatakan...

Bocah: Hehehe. Mas Bayu ini memang suka merendah. Wong barusan nyairin cek gitu lho. :)

Saya pake FeedBurner, Mas Bayu. Kalo Mas Cosa pake FeedBlitz. Coba daftar lagi saja Mas. Insyaallah, setiap update pasti dapat emailnya kok.

Thanks udah mengunjungi blog sederhana ini. :)

Duit Gratisan mengatakan...

Lagi berusaha nih mas. Moga update PR bentar lagi ga kena pinalti ama google..

Medhy Aginta mengatakan...

Duit Gratisan: Good luck Mas. Oh ya, ada kabar 2-3 hari PR update. Siap-siap deh. :)

agung mengatakan...

baru belajar ngeblog mas pinginnnya sih bisa dapat duit dari blogging, tapi blom tau mau ikut program yang mana ???

Medhy Aginta mengatakan...

Agung: Silahkan baca-baca beberapa rujukan program monetisasi di arsip blog ini Mas Agung. Good luck!

ika mengatakan...

sudah pak, tepatnya awal taun ini, memakai adbrite di blog music saya, lalu belakangan paid review dan text link ads.. hasilnya masih receh tapi saya bersyukur sekali ada jalan mendapat tambahan uang dan ga perlu lembur dipabrik lagi.. hehe

irvan mengatakan...

wah keren..blog saya udah sebulan tapi kok sepi pengunjung ya..ada trik2nya nggak yang ampuh

Medhy Aginta mengatakan...

Ika: Wah, tinggal nunggu undangan makan-makan dari Mbak Ika. :)

Medhy Aginta mengatakan...

Irvan: Ada beberapa artikel di arsip blog ini tentang cara menarik traffic ke blog kita Mas Irvan. Silahkan di-search saja lewat searching box di bawah. Good luck!

dhawuh mengatakan...

pengaruhnya ama PPC gimana nih bos?? makasih

Medhy Aginta mengatakan...

Dhawuh: Maksudnya pengaruh PPC gimana ya Mas? :)

kembangsetaman mengatakan...

Waah...asyik...ini yg kusuka....berbagi..berbagi...berbagi...dan berkembang serta besar bareng-bareng.

Sukses sealu Mas Medhy...boleh yah saya ikutan sinau meski dari jauh.

regard,
BLOGGING FOR MONEY

Medhy Aginta mengatakan...

Kembangsetaman: Thanks apresiasinya Mas. Iya, kita belajar sama-sama. :)

ipanks mengatakan...

monetisasi ini yg sering bikin bingung om :(

Medhy Aginta mengatakan...

Ipanks: Hehehe. Yang penting seneng ngeblog dulu ya Mas Ipanks. :)

350-030 mengatakan...

perlu belajar terus sama master2 di atas nih. :)

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Exclusive Encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, handseal, jinchuriki, bijuu, akatsuki, hidden village, clan, and other shinobi skills

Poskan Komentar

Comment Policy:
Kolom komentar ini dilengkapi dengan fitur Spam Detection.
Komentar yang tidak menggunakan NAMA YANG SEBENARNYA dan terdeteksi sebagai spam akan dihapus.
We hate spammers, right? Please, don't be spammer too. Thanks for your awesome comments.