Senin, Juni 16, 2008

Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)


Pengantar:
Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, mulai bulan Juni ini Blogguebo.com akan menampilkan seri artikel khusus dengan format wawancara pendek dengan sejumlah blogger Indonesia dalam seri Blogguebo and Friends' Project.

Blogguebo and Friends' Project adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Seri pertama Blogguebo and Friends' Project kali ini menampilkan 10 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Bagaimana prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia (terutama untuk blog berbahasa Indonesia)?"

Tony Jauhari (Pemilik ToniJauhari.blogspot.com):
"Menurut saya prospek blogging dan make money dari blog Indonesia sekarang jauh lebih banyak mengalami kemajuan dan perkembangan, seiring dengan hadirnya program pay per click dari tanah air sendiri seperti KlikSaya, KumpulBlogger dan yang lainnya. Selain itu beberapa program barat juga ada yang support blog Indonesia untuk make money from blogging ini seperti ReviewMe, Blogvertise, SponsoredReviews. Jadi peluang meraup penghasilan online makin terbuka lebar, asal ada kemauan dan niat yang kuat serta pantang menyerah pasti bisa sukses!"

Tiara, Ela Nur Afifah, Agus MU (Pemilik DuniaAnda.com):
"Prospek akan selalu terbuka Mas, dan kompetisi akan terus berlanjut. Kreativitas manusia kan tidak ada batasnya, termasuk soal make money from blogging. Siapa yang kreatif maka dia yang bisa bertahan. Indonesia Kreatif = Indonesia Bisa."

Asep Saipul Hakim (Pemilik Hakimtea.com):
"Untuk dunia blogging sendiri saya rasa akan semakin berkembang mengingat kesadaran masyarakat Indonesia yang semakin concern akan pentingnya dunia informasi dan teknologi. Sedangkan untuk make money from blog, jujur saja saya merasa cukup khawatir bukan karena prospeknya yang kurang malah sebaliknya (semakin bagus dalam satu sisi) dengan hadirnya KlikSaya, KumpulBlogger, PPCIndo, semakin menambah geliat make money from blog dari blog berbahasa Indonesia. Namun disisi lain yang saya khawatirkan adalah hilangnya idealisme dalam diri personal blogger sebagai citizen journalist dalam menyebarluaskan informasi yang berguna bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia."

Augusman Zalukhu (Pemilik Zalukhu.com):
"Kalau saya lihat prospek dunia blogging ke depan akan semakin marak, ini terbukti dengan banyaknya blogger-blogger baru yang berasal dari kalangan remaja. Bayangkan saja jika dulunya para remaja main internet cuma untuk chatting dan main Friendster sekarang sudah banyak yang nge-blogging dengan berbagai tema dan ciri khas masing-masing. Sedangkan untuk monetisasi blog sendiri, saya prediksikan akan banyak diikuti oleh para blogger karena semakin ke depan akan semakin banyak tools (program, red.) yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Cuma ya pintar-pintar kita memilih tools (program, red.) mana yang kita gunakan. Salah satu cara untuk mengetahui tools (program, red.) making money yang baik adalah dengan banyak blogwalking dan menjalin network dengan sesama blogger."

Muhammad Khotib (Pemilik D3ssipd3.blogspot.com):
"Menurut saya sih makin banyak orang Indonesia yg blogging, jadi makin panas dan makin mantap aja Mas. Mudah-mudahan nantinya ini bisa jadi jalan keluar keadaan negara kita yang makin kacau ini. Program-program lokal yang bertebaran juga udah mulai bagus kok. Dari sana kita tetap bisa dapet penghasilan tambahan kan? Jadi kita jangan mau kalah apa lagi malu kalo ngeblog pake bahasa Indonesia. Sukses terus blogger Indonesia!"

Wiellyam Roberto (Pemilik Wiellyam.net):
"Menurut aku juga pasti akan semakin ramai sih, karena hampir semua orang sudah semakin kenal dengan "Make Money From Blogging". Buku-buku yang membahas tentang itu pun sudah semakin bertambah banyak di toko-toko buku. Saya sangat optimis untuk prospek bahasa Indonesia, pelan namun pasti. Karena banyak saat ini personal blog pun digunakan sebagai sumber penghasilan."

Muhamad Misbah (Pemilik KlikMisbah.cn):
"Dengan semakin banyaknya peluang untuk mendapatkan uang dari aktifitas blogging saya kira akan semakin banyak blogger yang bermunculan, apalagi di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan program program yang menawarkan penghasilan melalui blog seperti program PPC atau program affiliasi misalnya. Didukung dengan semakin mudahnya dan murahnya harga domain dan hosting saya kira para blogger Indonesia akan semakin bergairah."

Chodirin (Pemilik Chodirin.or.id):
"Menurut saya prospeknya semakin cerah dengan lahirnya PPC-PPC lokal. Selain itu banyak blog berbahasa Indonesia sudah mulai diperhitungkan oleh advertiser-advertiser luar negeri."

Feri Yunus M (Pemilik Tongkonanku.blogspot.com):
"Menurut saya prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia (terutama untuk blog berbahasa Indonesia) akan semakin berkembang karena makin banyak saja orang kita yang melek teknologi, terutama komputer dan internet. Selain itu jumlah penduduk kita yang masuk 10 besar terbanyak di dunia dengan kondisi geografis yang terdiri dari pulau-pulau sangat membutuhkan akses informasi dan transaksi ( misalnya transaksi jual beli ) yang cepat. Dan itu bisa diwujudkan dengan internet."

Jimmy Sundjaja (Pemilik Jimmysun.net):
"Saya yakin akan semakin ramai dan diminati oleh banyak orang, dan akan semakin banyak blogger baru bermunculan. Saat ini saja sudah banyak blogger yang merasakan nikmatnya dapat duit dari internet. Blogger-blogger lain pasti akan ketularan."

------------------------------------------------------------------

Hampir semua blogger yang terlibat dalam seri pertama Blogguebo and Friends' Project kali ini meyakini prospek positif perkembangan dunia blogging and make money from blogging. Ada harapan besar. Ada semakin banyak program monetisasi lokal. Ada peluang yang semakin terbuka lebar.

Bagaimana menurut Anda? Setuju dengan pendapat mereka? Silahkan berbagi juga. :)

Ingin terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Mohon maaf, 10 tempat untuk seri kedua Blogguebo and Friends' Project sudah full-booked. Meskipun demikian, Anda tetap bisa berpartisipasi untuk seri ketiga Blogguebo and Friends' Project.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari Abhisays.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Blogguebo and Friends' Project
Monetisasi ala Adsense Versi Indonesia Untuk Blog Anda
Kenapa Harus Ikut SponsoredReviews Affiliate Program

36 Komentar:

feri mengatakan...

Mari kita dukung PPC Lokal untuk memajukan bisnis online tanah air. Pertamax gak ya...? :D

hakimtea mengatakan...

Selamat mas feri dapat pertamax... :-D

ipung mengatakan...

Kata-kata PPC lokal bertebaran di artikel kali ini :D
Semoga hal ini bisa memacu pemilik program PPC lokal untuk jadi lebih profesional ya :D

Medhy Aginta mengatakan...

Feri: Setuju Mas Feri. Siapa lagi kalau bukan kita yang mulai memanfaatkan program PPC milik bangsa sendiri?

Hakimtea: Hehehe. Selamat dapat Pertamax. :)

Ipung: Harapannya begitu Mas Ipung. Semakin bagus kinerja PPC lokal, pasti semakin banyak blogger Indonesia yang tertarik menjadi publisher. Semoga didengar oleh semua yang empunya PPC lokal. :)

tambenk mengatakan...

memang menjanjikan mas tp smoga aja jg diikuti attitude yg bener. jgn sampe kejadian click fraud dll lagi2 menjadi pengganjal.

btw masih sabar menanti nih broker paid to review dari Indonesia...

bocahiseng mengatakan...

baguss masss? tinggal ditungguin project seri 2nya nih?

khotib mengatakan...

ppc dari indo dh ada, kpan yah paid review dari indo muncul,.,
sama ma mas tambenk,., masih nunngu paid review indo nih,.,.

dh dpet kabar tentang hal ini mas medhy?

Medhy Aginta mengatakan...

Tambenk: Benar Mas. Sebagai publisher kita juga dituntut untuk lebih profesional. Nggak cuma nuntut makin banyak program monetisasi lokal saja.

Bocahiseng: Ditunggu Mas Aripin. Thanks partisipasinya.

Khotib: Ada yang mau memulai bikin layanan broker paid review berbahasa Indonesia? :)

robee mengatakan...

Wah iya nih. Kapan ada paid review lokal ya?

Pengin bikin ga ngerti caranya..
hehe..

ensept mengatakan...

klo paid review lokal sudah ada bro robiee, cuma klo paid reviwnya mesti diposting di blog belum ada.

Tapi perkembangan blogging saat ini sungguh pesat sekali, klo dulu setahu saya blognya mas enda dan mas prie yang memiliki trafik tinggi, sekarang sudah banyak sekali blog indonesia yg menyaingi mereka...goodLuck

Medhy Aginta mengatakan...

Robee: Mas Robee tertarik kayaknya. :)

Ensept: Mumpung paid review lagi booming, lahirnya broker paid review berbahasa Indonesia sebenarnya sangat ditunggu-tunggu.

Mas Ensept mau menyusul Mas Enda dan Mas Priyadi? :)

Tony mengatakan...

heuheuheu ada diurutan pertama nih koment ku hehehe..ayo dukung money blogging biar bisa memajukan tanah air dari internet :)

Medhy Aginta mengatakan...

Tony: Setuju Mas Tony! Thanks atas partisipasinya di Blogguebo and Friends' Project. Ditunggu partisipasi teman-teman yang lain. :)

misbah mengatakan...

Ide yang sangat segar,… memposting opini para blogger, btw ada mas Toni diatas ( ditunggu Job reviewnya mas : )

Medhy Aginta mengatakan...

Misbah: Thanks apresiasinya Mas Misbah. Thanks juga sudah ikut berpartisipasi di seri pertama Blogguebo and Friends' Project. :)

Eko Priyanto mengatakan...

Wah menarik bener tuh wawancaranya, mudah-mudahan ajalah blogger indoneisa bisa dapat penghasilan semua :)

Medhy Aginta mengatakan...

Eko Priyanto: Amien. Kalo Mas Eko kan sudah dapat banyak ya. :)

chodirin mengatakan...

semoga sesuai dg harapan kita. amiin. btw, iklan kliksaya.com diblog saya belum ada advertisernya............

Medhy Aginta mengatakan...

Chodirin: Ikut mengamini harapan Mas Chodirin.

Untuk iklan KlikSaya, coba dicek kategori dan keywords-nya Mas Chodirin. Satu dua hari pasti keluar kok iklannya. :)

Jimmy Kurnia Indradjaya mengatakan...

Saya setuju sekali dengan kawan2 blogger yang lain bahwa untuk kedepannya bisnis onlienini akan semakin baik. Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang familiar dengan internet maka ppc rate juga mudah2an semakin meningkat. Adsense bisa ada HPK karena seperti hukum ekonomi makin besar demand/permintaan dari supply/penyedia maka harga dengan sendirinya juga naik

Medhy Aginta mengatakan...

Jimmy Kurnia Indradjaya: Benar Mas Jimmy. Selanjutnya berpulang kepada kita sendiri, sebagai blogger, apakah akan memanfaatkan peluang ini (dengan benar, etis dan jujur) atau tidak. Thanks sharingnya Mas Jimmy. :)

Zalukhu mengatakan...

Wew dah jadi juga projectnya hehehe sorry tlat baca soalnya biz cakit hehhe... Tapi salut dech buat ide2nya mas Medhy.. Soal PPC Indonesia saya sih ga koment ah takut salah nogmong hehe

Medhy Aginta mengatakan...

Zalukhu: Thanks supportnya Mas Zalukhu. Udah sehat sekarang? Get well soon. :)

ika mengatakan...

bagusnya make money online,mengkin suatu ketika rakyat indonesia ndak perlu keluar rumah dan menghadapi kemacetn hanya untuk mendapat uang,,karena semua bisa dilakukan online dari rumah...

Medhy Aginta mengatakan...

Ika: Semoga harapan Mbak Ika bisa terwujud ya. Amien. :)

Muhamad mengatakan...

Daripada bikin blog sendiri mending yang simple aja, join di sini
Money ditransfer ke Paypal dan bisa dicairkan ke Bank-bank di Indonesia. Saya 2 bulan aja udah dapat $50 lho!
Di sini
anda bisa upload gambar, isi blog chatting dll. Pokoke menyenangkan deh.

Medhy Aginta mengatakan...

Muhamad: Thanks sharing infonya Mas Muhamad. :)

Ruud mengatakan...

Yap..
Semoga blogging bisa menjadi jalan keluar bagi bangsa ini.

Kita buka sendiri lahan income. Bravo mas. Bikin project beginian lagi mas. Biar tambah semangat :)

Medhy Aginta mengatakan...

Ruud: Tunggu seri kedua Blogguebo and Friends' Project di bulan Juli. Udah ikut berpartisipasi belum Mas? Saya tunggu. :)

yog@ mengatakan...

smoga..........

makin maju negara kita dgn adanya blogger

Medhy Aginta mengatakan...

Yoga: Amien. Amien. :)

mcdamas mengatakan...

lam kenal dari aku bucksfreak.com tempat curahan yang tak bisa dicurahkan sembarangan. Kunjung2 ya

Medhy Aginta mengatakan...

Mcdamas: Salam kenal juga Mas. :)

earn money mengatakan...

wah aku comment no berapa nih?

obat kuat lelaki mengatakan...

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

foredi dr boyke mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Poskan Komentar

Comment Policy:
Kolom komentar ini dilengkapi dengan fitur Spam Detection.
Komentar yang tidak menggunakan NAMA YANG SEBENARNYA dan terdeteksi sebagai spam akan dihapus.
We hate spammers, right? Please, don't be spammer too. Thanks for your awesome comments.