Selasa, Februari 26, 2008

13 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia


Salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima adalah:"Gimana sih caranya dapat duit dari ngeblog? Blog gue pake bahasa Indonesia, bisa nggak dapat dollar?"

Pertanyaan pertama agak panjang jawabannya. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Tentu saja dengan cara yang halal dan benar. Beberapa artikel Blogguebo barangkali bisa menjadi awal untuk belajar bagaimana caranya mendulang uang melalui blog Anda.

Silahkan membuka-buka arsip lama
Tips Monetisasi Blog dan Seri Monetisasi Blog Anda.

Pertanyaan kedua lebih singkat jawabannya: BISA.

Ya, Anda bisa mendapatkan uang (baik dollar ataupun rupiah) dari blog berbahasa Indonesia.

Berikut adalah 13 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa Anda pertimbangkan.

----------------------------------------------------------
13 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia

1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik
Saat ini setidaknya sudah ada 6 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu
KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad, IdBlognetwork dan SITTI. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda. Anda bisa menggunakan link-link dibawah ini jika ingin mendaftar program-program PPC domestik tersebut (jangan khawatir, tidak ada link affiliasi saya di link tersebut).

Klik disini untuk mendaftar KumpulBlogger
Klik disini untuk mendaftar KlikSaya
Klik disini untuk mendaftar PPCIndo
Klik disini untuk mendaftar IndoFad
Klik disini untuk mendaftar IdBlogNetwork
Klik disini untuk mendaftar SITTI

2. Menampilkan Iklan PPC Asing
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing. Sejak tanggal 1 Februari 2012, Google Adsense sudah bisa ditampilkan di blog berbahasa Indonesia.
Dengan menampilkan iklan PPC di blog Anda (ya, blog berbahasa Indonesia pun bisa), Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik dari pengunjung blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula jumlah klik iklan yang Anda dapatkan.

Klik disini untuk mendaftar Google Adsense

3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka link Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama - menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal dan penyedia template/theme blog memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda. Saya sendiri memanfaatkan affiliasi dari GoBlog Wordpress Premium Theme, penyedia theme Wordpress milik Mas Handoko Tantra. Anda bisa menampilkan banner GoBlog Wordpress Premium Theme setelah membeli produk ini. Komisi yang diberikan adalah 50% dari penjualan.

5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com. Untuk informasi program paid review yang lain silahkan klik Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review.

7. Menampilkan Google Adsense for Search
Selain iklan PPC, Anda bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silahkan membaca juga Seri Tutorial Panduan Mendaftar Google Adsense.

8. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi
link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com. Saya sendiri menjual text link mandiri di blog ini.

9. Menjual Spot Iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Anda adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya.

10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda. Saya sendiri memberikan jasa konsultasi blog review dengan penghasilan yang cukup lumayan.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.

12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda. Saya sendiri telah menerbitkan 2 buku tentang bagaimana cara-cara menghasilkan uang dari blog secara mudah dan langkah demi langkah. Buku pertama berjudul "Blogging for Money: Panduan Jitu Untuk Mengoptimalkan dan Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Anda", diterbitkan oleh Andi Publisher (Yogyakarta, 2011). Harganya murah, hanya Rp. 45.000. Buku kedua berjudul "Pro Blogger: Rahasia Menjadi Blogger Profesional", juga diterbitkan oleh Andi Publisher (Yogyakarta, 2012). Harganya lebih murah, hanya Rp. 36.000.


13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika Anda kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), Anda bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan imbalan komisi tertentu. Akan lebih baik lagi apabila niche blog Anda sesuai dengan jasa yang hendak Anda promosikan. Jika pengunjung blog Anda melakukan booking hotel atau jasa biro travel tersebut, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.
------------------------------------------------------------

Nah, sebenarnya ada banyak cara mendapat uang dari blog berbahasa Indonesia bukan?

Jadi tidak ada alasan untuk berkecil hati dan beralasan bahwa Anda tidak bisa mendapat uang dari blog Anda hanya karena blog Anda berbahasa Indonesia.


Selamat mencoba! :) Wish you all the best.

Berlangganan Blogguebo.com secara GRATIS:
Jika ini adalah kunjungan pertama Anda di Blogguebo.com dan Anda ingin mendapatkan update tips-tips menghasilkan uang lewat blog secara gratis setiap minggunya, silahkan berlangganan artikel-artikel Blogguebo.com melalui email Anda.

Cukup isi form berlangganan dibawah ini dengan alamat email Anda dan Anda akan mendapatkan update artikel terbaru Blogguebo secara langsung di email Anda:




Good luck and happy blogging!

(Gambar diambil dari Blaugh.com)

Medhy Aginta


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi ala Adsense Versi Indonesia Untuk Blog Anda
WidgetBucks Untuk Blog Anda
Kenapa Harus Ikut SponsoredReviews Affiliate Program?

1358 Komentar:

Tony mengatakan...

Aku mo coba gabung widgetbuck aja nih..untuk blog Indonesia ku..thank you infonya :)

Medhy Aginta mengatakan...

Tony: Sama-sama Mas Tony. Good luck. :)

Mr.Misbach mengatakan...

pak medhy, kalo blog ada adsensenya bisa tidak buat paid review, apakah melanggar TOS

bdn mengatakan...

makasih mas lg bingung cri2 program yang sesuai dengan blog indonesia, skrg dah ga bingung lagi

Medhy Aginta mengatakan...

Mr. Misbach: Bisa Mas Misbach. Selamat menikmati dunia paid review. :)

Bdn: Sama-sama Mas. Semoga bermanfaat. :)

Dewa mengatakan...

Mas, numpang tanya, Buyblogreviews membolehkan domain blog gratisan seperti blogspot.com atau harus TLD? Saya cari di FAQ-nya tidak ada.
Trims. :)

Medhy Aginta mengatakan...

Dewa: Pakai Blogspot boleh Mas Dewa. Saya daftar juga pakai Blogspot kok. Selamat mencoba. Semoga sukses. :)

[ Nugraha ] mengatakan...

Emang blog Bro Blogguebo ini informatif banget ^_^

Kalau boleh saya mau kutip sebagian mau ditaruh di blog saya, dengan ijin Bro Blogguebo tentunya, juga dengan mencatumkan LINK BACK ke situs sampeyan..

Gimana, Bro Blogguebo ?

Medhy Aginta mengatakan...

Nugraha: Silahkan Mas. Semoga bermanfaat. :)

- rapihdhoho mengatakan...

Bro...

Ada yang gak singkron tuh antara judul (13 cara...) sama link nya (11 cara...) ;-)

Btw nice tips bro...
Apalagi aturan google juga semakin ketat...

Medhy Aginta mengatakan...

Rapihdhoho: Makasih Mas. :) Iya, memang beda. Baru berubah setelah permalink dibuat. Begitulah nasibnya kalau pakai Blogspot. Hehehe.

Good luck!

Susanno mengatakan...

Artikel yang sangat membantu sobat. Saya juga sedang planning untuk buat blog berbahasa bangsa kita "Indonesia" konsepnya juga mungkin tetap sama dengan blog saya sekarang ini dan pastinya content di blog ini akan sangat membantu. Thank you very much.

Medhy Aginta mengatakan...

Susanno: Sama-sama Mas. Semoga bermanfat. :)

sasonov mengatakan...

artikel ini yang aku cari. artikelnya bagus & berbobot. semoga bermanfaat buat blogger yang mengunjungi blog ini

Medhy Aginta mengatakan...

Sasonov: Semoga bermanfaat Mas. Thanks a bunch. :)

jimmy mengatakan...

artikel yang bagus! semakin banyak deh cara buat nambah pundi2 dari blog-ku :D thanks ya mas..

Medhy Aginta mengatakan...

Jimmy: Sama-sama Mas. Semoga bermanfaat. :)

Hermanus mengatakan...

Wah tambah ilmu lagi nih, rupanya banyak program yang bisa menghasilkan uang dari blog. terimakasih tulisannya.

Medhy Aginta mengatakan...

Hermanus: Sama-sama Mas Hermanus. Semoga bermanfaat. :)

tantan mengatakan...

Untuk CPM yg traffic dari Indo gak akan dihitung sebagai earning :(
http://widgetbucks.blogspot.com/2008/03/widgetbucks-updates-international-cpm.html
Padahal baru pengen masang kode wb.

Medhy Aginta mengatakan...

Tantan: Benar Mas Tantan. Sekalian update. :) Tanggal 7 Maret 2008 kemarin WidgetBucks memperbarui daftar negara yang masuk international CPM. Sayangnya Indonesia tidak lagi masuk daftar tersebut. Silahkan dibaca informasinya di link ini:

http://widgetbucks.blogspot.com/2008/03/widgetbucks-updates-international-cpm.html

Makanya kode WidgetBucks juga saya lepas dari blog ini. Moga-moga suatu saat nanti bisa dipasang lagi. :)

Thanks sharingnya, Mas Tantan. :)

kenken mengatakan...

Thanks mas buat infonya... salam kenal... nubie :D

Medhy Aginta mengatakan...

Kenken: Sama-sama Mas. Semua newbie disini. :) Semoga bermanfaat.

belajar bisnis di internet mengatakan...

Thanks, infonya mas. Alhamdulillah saya bisa mampir & dapet ilmu dari panjenengan. salam kenal ya....

star123 mengatakan...

yang buyblogreview itu ak dah ikut tp kok eror ya sistemnya..gmn tu

Epu mengatakan...

makasih atas infonya...
baru liat infonya
semoga bisa berguna
oh iya apakah ini juga berlaku untuk wordpress ?
makasih infonya

onlinesukses mengatakan...

halloo, mo minta bantuannya nichh, sebelumnya salam kenal. Saya udah join di buyblogreviews dan samp sekarang sudah mendapatkan banyak order review, tapiiiii...belum ada satupun yang sy selesein... yang mo gwe tanyaain.. gimana sih caranya ngreview..... cz masih bingung, soalnye ngetik english az cape dechhhh..... Gimana nichhh..?

YASRAMA mengatakan...

Wah ini yang aku cari. Monetize blog Indonesia. Thanks..

Medhy Aginta mengatakan...

Yasrama: Semoga bermanfaat Mas Yasrama. :)

stevano mengatakan...

sayang sekali ilmu dan wawasan saya sangat dangkal, sehingga saya kesulitan dalam menelusuri saran anda. Tapi setidaknya anda adalah figur yang murah hati dalam berbagi informasi, itu adalah modal terbaik yang anda miliki, selamat ya...

Medhy Aginta mengatakan...

Stevano: Thanks apresiasinya Mas Stevano. Semoga bermanfaat. :)

Tips Bisnis Online mengatakan...

Wah Mantap banget postingannya mas Medhy!

Saya senang baca mengenai Cosa lagi cari staff online.

Lalu 13 Cara Mendulangnya bagus, komprehensif, saya dapat beberapa ide nih, untuk mendulang uang dengan blog saya!

Salam kenal!

Medhy Aginta mengatakan...

Tips Bisnis Online: Salam kenal juga Mas. Kita belajar sama-sama. :)

Wish you all the best!

dekguss mengatakan...

Thanks bgt infonya mas Medhy.
Sangat bermanfaat bt sy yg msh merem-melek.

Salam kenal...

Medhy Aginta mengatakan...

Dekguss: Salam kenal juga Mas. Kita sama-sama belajar kok. Good luck ya. :)

ndah-ndoh mengatakan...

Top banget postingannya mas, saya jadi dapet ide baru buat nyari duit :p

Medhy Aginta mengatakan...

Ndah-ndoh: Semoga ada manfaatnya Mas. Good luck!

Syahuri mengatakan...

Salam kenal mas!
Saya salut! Postingannya LUAR BIASA!
Sangat berguna bgi saya dan blogger indonesia.
Semoga kesuksesan menyertai mas Mendhy!

Syahuri mengatakan...

Sori, salah nyebutin nama mas Medhy....
Jadi malu nih :D

Medhy Aginta mengatakan...

Syahuri: Makasih apresiasinya Mas Syahuri. Semoga ada manfaatnya.

Soal nama, memang banyak yang salah tulis kok Mas. Hehehe. Santai saja.

Good luck. :)

robee mengatakan...

wah...
blog nya sangat bermanfaat sekali..
mau saya subscribe ah..

Medhy Aginta mengatakan...

Robee: Silahkan Mas Robee. Memang lebih baik berlangganan RSS blog ini, biar nggak terlewat artikel-artikel terbaru Blogguebo.

Good luck! :)

ipung mengatakan...

Mas Medhy.. artikel ini di copy paste ma salah satu pengunjung mas tanpa kasih linkback..

Medhy Aginta mengatakan...

Ipung: Oh ya? Siapa ya? :) Nggak papa Mas Ipung. Asal bermanfaat saja. Etikanya sih mestinya mengutip harus memberikan tautan link artikel aslinya. Tapi nggak papa. :)

ipung mengatakan...

blognya garasi-gue.blogspot.com.
Ya, kalo yang punya tulisan ikhlas si emang gpp :D

Medhy Aginta mengatakan...

Ipung: Thanks banget infonya Mas Ipung. I really appreciate it. Coba nanti saya senggol yang punya blog. Hehehe. :)

ipung mengatakan...

Wah.. senggolannya mantep banget mas.. Sampe2 semua kontennya langsung dihapus.. Padahal tinggal kasih linkback aja ya..

Medhy Aginta mengatakan...

Ipung: Hehehe. Iya, padahal nyenggolnya halus banget lho, Mas Ipung. Thanks.

Syahuri mengatakan...

Dapet ilmu "cara halus menyenggol" neh...
Kapan ya blog saya di copas .. He he he he..

Medhy Aginta mengatakan...

Syahuri: Tapi saya bukan sejenis mahkluk halus lho Mas Syahuri. Boleh saya copas artikelnya Mas? Hehehe.

Performance car loans mengatakan...

Keren artikelnya di kupas abis, nambah ilmu lagi deh.
Thx bro

Medhy Aginta mengatakan...

Performance car loans: (membidik keyword ya?) Thanks apresiasinya, Bro. Semoga ada sedikit manfaatnya. :)

ihot mengatakan...

wah,artikelnya bagus bangt mas, tolongin saya dong. saya masih belajar tentang bisnis internet, jadi belum begitu ngerti. saya mau tanya nomor 8. Menjual Text Link Ads, gmana cara buatnya? Tolong ya, mas, sekalian kasih komentar dong di blog saya. ini alamatnya : http://ihttrading.blogspot.com, hottradingstyle.blogspot.com,marihotp.blogspot.com

Thanks ya Mas.

Medhy Aginta mengatakan...

Ihot: Penjelasan tentang text link ads sebenarnya cukup sederhana kok. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel "Monetisasi Blog Anda: (2) Paid-to-Advertise" di arsip blog ini. Semoga membantu. Good luck!

Blognya sudah cukup bagus kok. Keep posting saja. :)

ExE mengatakan...

Akhirnya datang juga pencerahan gimana cara dapet duit dari internet.

Medhy Aginta mengatakan...

Exe: Semoga bermanfaat Mas. :)

Bersama Berjuang Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik. mengatakan...

Terimakasih yach infonya....
Top buangggettttt

aprillins mengatakan...

wah bagus nih..!! makasiy yah
http://blog.aprillins.com

Medhy Aginta mengatakan...

Aprillins: Semoga bermanfaat Mbak April. :)

Medhy Aginta mengatakan...

Bersama berjuang .... : (nickname yang panjang banget. :) Semoga bermanfaat deh.

Aprillins: Udah dipraktekin belum Mbak April? Good luck. :)

Andi L. Jayadinata mengatakan...

Cara yang paling gampang untuk menghasilkan uang dari blog anda saat ini adalah dengan menjadi anggota dari program affiliasi, salah satunya adalah program HaffiliatiON dari AndroMedical.

Program Haffiliation ini sangat sederhana. Anda hanya perlu memasang sebuah link atau artikel pada website anda yang mempromosikan produk-produk AndroMedical dan setiap kali terjadi pembelian yang berasal dari link tersebut, anda akan mendapatkan komisi hingga 200 USD atau 150 euro dari setiap penjualannya. Sebagai contoh, klien kami yang memiliki website yang serupa dengan website anda dapat melakukan sekitar 20 penjualan setiap bulannya, dari penjualan ini komisi yang diterima dari kami adalah sebesar $3400 atau 3000 euro.

AndroMedical adalah perusahaan pembuat alat bantu kesehatan pria seperti AndroPenis, sebuah alat bantu kesehatan pria yang menjadi pemimpin di pasarnya; AndroHair, sisir laser yang membantu mengatasi kerontokan rambut.

Bagaimana Haffiliation ini bekerja?

1. Daftarkan diri anda di website kami www.haffiliation.com

2. Anda akan mendapatkan panel kontrol pribadi, yang berguna untuk memantau statistik, pemesanan, komisi, dan lain-lain. Kami adalah yang pertama kali menawarkan Video Banner. Kami juga mempunyai artikel, banner statis dan banner flash, di mana kesemuanya diterjemahkan ke dalam 10 bahasa termasuk bahasa Indonesia

3. Satu-satunya hal yang harus anda kerjakan adalah memilih satu atau lebih marketing tool ini dan memasangnya di website anda.

4. Setiap pengunjung yang melihat website anda dan mengklik link tersebut, akan dialihkan ke website kami.

5. Jika pengunjung tersebut melakukan pembelian pada produk kami, anda akan mendapatkan komisi dari kami.

6. Pada akhir bulan kami akan mengirimkan komisi yang anda dapatkan sesuai dengan jumlah penjualan yang terjadi. Pembayaran akan dilakukan melalui PayPal atau transfer bank.

Sebagaimana yang anda baca di atas, keuntungan yang anda dapatkan sangat beragam dan sama sekali tidak ada biaya atau risiko investasi. Anda dapat mulai mendapatkan hasilnya pada hari pertama anda melakukannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website program afilasi kami di www.haffiliation.com

Terima kasih.

Medhy Aginta mengatakan...

Andi L. J: Wah, thanks banget sharing panjangnya Mas Andi. Spam bukan ya? :) Yah, siapa tahu ada yang ingin mendaftar. :)

Bobby mengatakan...

Kira kira kalo ikut semuanya, harus punya berapa web? gak mungkin kan semua iklan dalam satu website

Medhy Aginta mengatakan...

Bobby: Tergantung tujuan dan budget kita Mas Bobby. Sebenarnya nggak harus kita jalankan semuanya. Akan lebih bagus kalo kita pilih dan fokus pada beberapa pilihan monetisasi saja.

Thanks udah mampir berkomentar Mas Bobby. :)

Anonim mengatakan...

mas, gimana caranya langkah pertama saya musti ngapain yah....hehehe bloon bgt yah nanyaknya

Medhy Aginta mengatakan...

Anonymous: Langkah pertama barangkali bisa dimulai dengan mencoba membuat blog gratisan menggunakan Blogger.com atau WordPress.com.

simonbwidjanarko mengatakan...

Terima kasih tulisan ini mengajarkan pada saya sopan santun berkomunikasi dengan pengunjung. Saya baru 2 bulan punya blog sendiri, yg mengunjungi ya cuma murid-murid saya di Dept THP FTP UB saja. Wass simonbwidjanarko.wordpress.com

Medhy Aginta mengatakan...

Simon B Widjanarko: Sama-sama Mas Simon. Semoga ada sedikit manfaatnya.

Blognesia mengatakan...

Nice blog, kenalin aku baru ja launching webblog nih ...
mampir2 yo

Blognesia mengatakan...

Nice blog, kenalin aku baru ja launching webblog nih ...
mampir2 yo http://www.blognesia.com | bacaannya blogger Indonesia (mottonya ) :) nanti minta sharing ilmunya yo pak

ilham mengatakan...

ok juga mas tambah terus ya mas .
saya ninit minta tolong kasih tau donk cara main domain parking ,he he he.tolong ya mas ya

Medhy Aginta mengatakan...

Blognesia: Thanks Mas. Salam kenal juga. Blognya bagus kok. :)

Ilham: Wah, saya bukan orang yang tepat untuk soal domain parking Mbak Ninit. Saya nggak tahu apa-apa. Silahkan langsung kontak Mas Rony S saja deh. :)

dawak mengatakan...

great blog mas meddy (sbg warga smunsa tuban ikut bangga jg)hehehehe....sharing ilmunya bermanfaat bgt, smg nambah trus ilmunya mas...

Medhy Aginta mengatakan...

Dawak: Thanks apresiasinya Mas Dawak. Hehehe. Alumni SMANSA Tuban juga ya? :)

Semoga bermanfaat Mas.

dhawuh mengatakan...

acung jempol dari saya pak.

nanieku mengatakan...

perkenalan

busanaku mengatakan...

aku juga baru bikin

Medhy Aginta mengatakan...

Dhawuh: Thanks apresiasinya Mas. :)

Nanieku: Salam kenal juga. :)

Busanaku: Bikin apa ya? :(

Keep Free Media mengatakan...

Ikut PPC local juga oke kok. Biar duitnya dikit ya tetap duik. Lumayan bisa buat bayar hosting.
Itung-itung hosting gratis...
Langsung daftar..ppc local.
Thnaks ya atas infonya.

Medhy Aginta mengatakan...

Keep Free Media: Benar Mas. PPC lokal juga worthed kok. Semoga bermanfaat. :)

goldfather mengatakan...

Kayaknya bakalan tambah gape neh ngeblognya kalo sering maen ke BLOGGUEBO. Tambah gape=tambahan income?!?! Thanks tipsnya mas..

Medhy Aginta mengatakan...

Goldfather: Sama-sama Mas. Jangan bosen mampir ya. Seneng dapat temen baru. :)

sumedi mengatakan...

mantap tutorialnya. memberi sangat inspirasi. salam kenal mas.

Medhy Aginta mengatakan...

Sumedi: Salam kenal juga Mas Sumedi. Thanks apresiasinya. :)

Free Software mengatakan...

Thanks ya.. Mulai sekarang saya juga pengen memonetize blog bahasa indonesia saya..

Medhy Aginta mengatakan...

Free Software: Silahkan Mas. Ditunggu kabar baiknya. :)

saint angel mengatakan...

tanks boz....membantu banget

Medhy Aginta mengatakan...

Saint Angel: Sama-sama Mas. Semoga bermanfaat. :)

arif rahmawan mengatakan...

saya pake kliksaya.nilai kliknya bervariasi, menurut saya daripada maksa adsense untuk tampil di blog bahasa Indonesia mending pake kliksaya....

Medhy Aginta mengatakan...

Arif Rahmawan: Benar Mas Arif. Adsense sebenarnya nggak boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia.

Hardi Tienser mengatakan...

Wah mas medhy blog saya campuran english indonesia, tp lebih banyak indonesia..bakal dibanned ga ya mas?

Medhy Aginta mengatakan...

Hardi Tienser: Resiko ditanggung sendiri Mas Hardi. Lebih aman kalo bahasa Inggris sih. :)

bagjapatria mengatakan...

-Salam kenal Kang...

Saya mau nanya..
sempet juga browsing cari2 cara ngehasilin uang dari blog..
eh.. dapet yang bagus di sini..

apa blog saya dengan wordpress.com bisa dipasang iklan?
setau saya AdSense nya google ga bisa dipasang di WP..
karena tidak support JavaScript..
ada cara lain yang lebih cocok untuk blog saya?

Hatur nuhun Kang Medhy
Ditunggu kunjungannya. Ijin nyimpen di blogroll saya ya

Medhy Aginta mengatakan...

Bagjapatria: Salam kenal juga Kang Bagja. Untuk wordpress.com memang terbatas untuk diutak-atik. Kalo mau pasang iklan kayaknya harus pake Blogspot atau Wordpress.org, Kang Bagja. :)

Thanks juga kunjungannya Kang. Jangan bosan ya. :)

Pinky Meong mengatakan...

mas aku mw mnta ijin buat copy artikelnya ya, bleh kan???

Medhy Aginta mengatakan...

Pinky Meong: Silahkan Mbak. Tapi mohon diberi tautan link ke artikel ini. Thanks.

Pinky Meong mengatakan...

waa... mas aku bukan cewek tp cowok, nm pinky meong tu aku ambil dr kucing kesayanganku yang da mati,hehehe...
tp gk papa kok mas bnyak jg yg slh kira...
btw mas mksh ya blognya mas medhy sangat membantu...
THANKS.

Medhy Aginta mengatakan...

Pinky Meong: Wah, berarti nasib kita sama. Banyak yang ngira saya cewek juga gara-gara nama yang 'kecewek-cewekan'. :)

Sama-sama Mas. Alhamdulillah kalo ada manfaatnya. :)

Budiawan Hutasoit mengatakan...

Medhy..Salam kenal..Sy baru daftar di BuyBlogReviews.com, dan udah diapproved. cuman katanya kalo kita ada posting review-an kita, maka PR blog kita akan digebuk sama om Google ya..alias turun. benar begitu? yr blog is very inspiring..thanks

Medhy Aginta mengatakan...

Budiawan Hutasoit: Thanks apresiasinya Mas Budiawan. Untuk PR, sebenarnya tetep bisa stabil asal backlink dari blog lain cukup banyak Mas. Kira-kira begitu.

Budiawan Hutasoit mengatakan...

Mas, tks utk infonya. tapi dari bbrp blog yg saya tanyakan, rata-rata blog mereka benar2 digebug habis sama Google, walaupun punya backlink yg banyak. ada saran lain..soalnya saya lagi mau memulai review nih..tp koq jadi was2 ya..

Medhy Aginta mengatakan...

Budiawan Hutasoit: Hehehe. Sebenarnya kalo ikut paid review memang harus siap turun PR, Mas Budi. :)

Budiawan Hutasoit mengatakan...

ooo..gitu ya...ok deh...matur nuwun ya..

Medhy Aginta mengatakan...

Budiawan Hutasoit: Sami-sami Mas. :)

Pinky Meong mengatakan...

Mas tolong disidak donk blog ku di pinky-meong.blogspot.com , kritik dan sarannya ditunggu ya mas, cos aku da nganggep mas Medhy ni sbgai guru besarku,hehehe...buat saya kritik dan saran adalah salah satu jalan menuju sukses dan sanjungan adalah teror,hahaha... N buat pengunjung Blogguebo jgn lp mampir k blogku ya...

Medhy Aginta mengatakan...

Pinky Meong: Hehehe. Saya juga masih belajar kok Mas. Nanti saya mampir ke blognya deh. :)

Peluang Usaha mengatakan...

CPM berbasis bahasa indonesia sudah ada apa belum ya? Kalau ada mayan juga bisa nambah penghasilan. Tapi rasanya bisnis internet di indonesia semakin marak nih

Medhy Aginta mengatakan...

Peluang Usaha: Kayaknya sampe hari ini belum ada tuh Mas. :)

Baka Kelana mengatakan...

Lengkap banget infonya..sangat bermamfaat bagi saya yang masih newbie

makasih banyak loh Bos

Medhy Aginta mengatakan...

Baka Kelana: Sama-sama Mas Kelana. Good luck! :)

Nanang mengatakan...

halo... saya nanang. saya ngeblog pake wordpress.

katanya, gak bisa ya ikutan program text link ads?
bisa-bisa dihapus sama wordpressnya...
PageRank saya 4, jadi bisa kan ikutan TLA?

mohon dibalas..terimakasih

Medhy Aginta mengatakan...

Nanang: Kalo Wordpress.com memang nggak bisa Mas. Kalau Wordpress.org bisa kok ikutan TLA. Good luck, Mas Nanang! :)

Yusi Setiawati mengatakan...

Salut nih sama Mas Medhy, bukan hanya artikelnya yang berbobot tapi juga sikapnya dalam menghadapi masalah (saat artikel dicopas tanpa link balik, saat ada iklan yang numpang lewat di kolom komentar, dsb), jawaban Mas Medhy begitu santai dan bijaksana.
Terus cara mengajarnya juga tulus,kalau ngasih link langsung ke website utama, enggak ada link affiliasi (padahal kalau ada juga gpp khan harusnya?).
Mau nanya nih kalau program affiliasi seperti shareasale enggak bisa dipasang di blog /website Indonesia ya? Ada enggak program seperti itu versi Indonesia? Mis kita punya blog tentang wedding nah ada enggak program affiliasi untuk cincin, bunga, kue, undangan,kado, dsb?
Thanks banget, saya bisa belajar banyak dari blog ini.

Medhy Aginta mengatakan...

Yusi Setiawati: Hehehe. Saya belajar juga kok Mbak Yusi.

Barangkali bisa nyoba Amazon dan Commission Junction (CJ), Mbak Yusi. Ada banyak produk wedding dari Amazon dan CJ.

Best of luck! :)

Yusi Setiawati mengatakan...

Berarti memang belum ada ya yang versi Indonesia? Maksud saya kalau pangsa pasarnya orang Indonesia khan butuhnya undangan, kue, bunga, dsb dari Indonesia aja, ngapain jauh-jauh beli di Amerika. Hm kapan ya affiliate di Indonesia berkembang pesat seperti itu...
Ok, thanks ya infonya.

Medhy Aginta mengatakan...

Yusi Setiawati: Semoga secepatnya lebih berkembang ya Mbak Yusi. :)

Anonim mengatakan...

Alvinnanda : Saya pingin belajar dengan anda Medhy Aginta, kalau tidak keberatan boleh dong minta no Hp anda/ Kirim ya ke email saya : Alvinnanda@gmail.com

Thank,s before
Dari : Alvin

Freeware download mengatakan...

waduh mantap nih juragan .Thanks ya

Link Download mp3 mengatakan...

makasih banyak ya. visit http://laguanyar.blogspot.com

cantik mengatakan...

thanks bos.

Medhy Aginta mengatakan...

Alvin: Nomor HP saya di halaman Contact blog ini Mas Alvin. :)

Freeware Download: Hehehe. Sama-sama juragan. Lagi nembak keyword ya? :)

muhammad sofyan mengatakan...

ternyata byk ilmu yg dpet di plajrin dr blog.salam knl www.muhammadsofyan.blogspot.com

tyas mengatakan...

lengkap bener infonya..
aku baru belajar paid review nih.. semoga bisa merambah ke lahan2 yg lain....
thanx for sharing mas..

lady mengatakan...

makasih infonya mas.....
banyak yg blom aku pelajari nih...
tak pelajari dulu...

jetra mengatakan...

waah... kalo ikut paid review harus siap2 turun PR nya yaa...?
tricknya gimana buat mengatasi itu mas...?
makasih banget info lengkapnya yaa..

tisca mengatakan...

salam kenal mas... saya baru aja daftar di program paid review, masih belum di approve krn blognya msh baru banget..
terima kasih infonya, jadi ngerti masih banyak yg bisa dilakukan sambil nunggu approval..

Gusti Samosir mengatakan...

wah keren banget nich artikelnya
makasih yach mas

Aris Hwanggara mengatakan...

Mas menurut mas, pilih yang mana buat blog aku...

www.arishwanggara.blogspot.com

Silahkan dilihat...

Thank before...

dimas mengatakan...

waduh terima kasih mas..
apakah kalo kita menyediakan link download buat software termasuk melanggar adsense..


terima kasih

irvan mengatakan...

Makasih infonya dicoba satu2 ah, coba banyak orang indo yang begini. Kalau ikutan Paid To Review PR ga boleh nol ya. Melenceng dikit ni, sekalian tanya kalo alexa rank itu updatenya kapan ya soalnya dari pertama pasang diblog ga berubah masih ikutin punya blogspot, kalau ga salah si udah ampir satu bulan dipasang

Alibaba mengatakan...

Thanks atas ilmunya mas guru.Btw sy ikut comision juction utk ambil kode htmlnya yg bs dipsg diblog kita dmananya?Dan dr pengalaman blogguebo program yg mana yg gampang dpt duit?Boleh minta kode template blog mas kl boleh tlg kirim ke= ali180678@gmail.com dr www.king-ali.tk kasi saran ttg blog alibaba thks.

RasyidS mengatakan...

Thanks atas postingannya..bener2 muantebbb..dan memberikan pencerahan kepada saya yang bener2 baru didunia blogging.. oh ya..klo minta artikel mengenai monetize blog yang bahasa english boleh ga ya? berbayar ga ya..soalnya saya jg ga mau asal copy paste ajah...trims...

Salam sukses selalu..

Majalah Web mengatakan...

Nice info nih ... bookmarked ...

abidin mengatakan...

mantap...
semakin banyak pilihan semakin bingung.
(maklum newbie)

Medhy Aginta mengatakan...

Abidin: Hehehe. Jangan dibikin bingung Mas Abidin. :)

Ardi mengatakan...

Kalau mau pasang PPC sepertinya rangking web sangat berperan. Buat yang punya rangking jutaan, ngga mungkin bisa dapat iklan...salam kenal.

atokaja mengatakan...

kliksaya, ppcindo dan kumpulblogger. saya tiap bulan dapat duit dr situ. kalo adsense masih 1/2 perjalanan lagi.... masi lamaaa

lanji mengatakan...

saya baru belajar,
but thnks buat infonya

Yasmara.id mengatakan...

OK mas, makasih infonya. Jadi semangat nih..

Medhy Aginta mengatakan...

Lanji: Sama-sama belajar Mas Lanji. Semoga bermanfaat. :)

Yasmara.id: Sama-sama Mas Yasmara. Good luck! :)

noto mengatakan...

wah mantap tuh artikelnya mas. jarang sekali ada orang yg mau bagi2 ilmu kayak gini.

kang dede mengatakan...

Salam kenal Mas
Aku Bookmark blognya, abis penting sih
Terimakasih atas infonya

cari uang di internet mengatakan...

terima kasih pak atas infonya ,postingan anda sangat berkualitas dan bermanfaat,saya tunggu lebih lanjut

Medhy Aginta mengatakan...

Noto: Dengan berbagi, kita nggak kehilangan apa-apa kok Mas Noto. :)

Kang Dede: Semoga bermanfaat Mas Dede.

Cari Uang di Internet: Thanks apresiasinya Mas. Semoga bermanfaat. :)

pcinstaller mengatakan...

mantap bror, mohon ijin copy paste buat koleksi

Medhy Aginta mengatakan...

PCInstaller: Silahkan Mas. :)

malcum 1st mengatakan...

numpang baca tuk info yang sangat "helpfull" ini..
keep sharing 4 the newbies2 seperti saya ini ya..

tk's

teacher mengatakan...

terimakasih ilmunya

redlady mengatakan...

mas, mau tanya.. kalau paid review asing yang memperbolehkan review dalam bahasa indonesia, yang mana saja ya?

terima kasih..

Anti Aging mengatakan...

Mas Medhy pa kabar?

Bukan maksud nyepam, nitip link ya.. :)

Makasih banyak buat artikel-nya, I had stumbled it :)

-bangzenk-

mas gepeng mengatakan...

ouwh...
baru tau nih.. rupanya blog berbahasa indonesia bisa ngasilin dollar juga y..
apakah blog yang berbahasa indonesia juga bisa mendapat penghasilan yang sama besar dengan blog bahasa inggris?
di tunggu jawabannya...
terima kasih...

your-answer-see mengatakan...

seep neh mas infonya

Medhy Aginta mengatakan...

Malcum: Semoga bermanfaat saja Mas. :)

Mas Gepeng: Relatif sih Mas. Soalnya ukurannya beda: Dollar vs Rupiah. Tapi kalau serius, bisa kok. :)

Andika mengatakan...

Wah, baru baca saya. hehehe...ternyata banyak juga ya yang bisa dilakukan blog berbahasa Indonesia. kalo blog yang bahasanya nyampur2 gimana mas? soalnya di blog saya kadang2 saya pake bahasa inggris juga. bukan expert sih, hanya untuk latihan aja...

Medhy Aginta mengatakan...

Andika: Mungkin bagus kalo dipisah sekalian Mas Andika. Biar lebih enak monetisasinya. :)

pampe mengatakan...

Tips e bagus banget mas saya jadi terbantu. Mas, poin nomer 2 itu rata² harus pake page view gitu ya? Wagh, jadi tak lompati lha blogku masih bayi, seminggu wae belum ada hoho xie² ya mas..

Medhy Aginta mengatakan...

Pampe: Sama-sama Mbak. Memang butuh waktu dan kesabaran kok Mbak. Suatu saat nanti pasti nyampe juga syarat page views-nya. Asal persisten. Good luck deh! :)

rully taraka mengatakan...

halo..
wah ternyata banyak juga cara dapet duit dari internet. saya cuma menekuni PTR aja, yang lain akan segera saya coba. terima kasih banyak atas infonya..

GayuhSuper mengatakan...

Wow.. rekomendasinya keren-keren mas..
saya coba semua ah..

rekomendasi :
http://www.jokosusilo.com

thank's

yogyakarta mengatakan...

nice info gan...

K Hendrawan mengatakan...

Ulasan nya mantap, sangat mendetail. Terimakasih ya.
Mohon ijin link laman ini di blog saya yah, mungkin bisa bermanfaat juga buat teman-teman yang sedang mencari penghasilan dari rumah seperti saya.

Medhy Aginta mengatakan...

K Hendrawan: Thanks apresiasinya Mas. Silahkan dikutip dengan menyebutkan sumber aslinya. Menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia ternyata banyak jalannya kan? Good luck! :)

Raini Munti mengatakan...

tips2 sgt bmanfaat :) bravo

tania mengatakan...

infonya sangat berguna. makasih ya...btw, kalau blog-nya bahasa indonesia dan inggris gimana? blog mas medhy bahasa yang digunakan untuk afiliasi yang ini? nah, blog ini bahasa indonesia bisa sukses juga :)

sephtian's mengatakan...

mas mau tanya, untuk program yang
Menampilkan Iklan PPC Asing (hanya yang berbasis CPM)

itu kita dibayarnya gimana? per pengunjung?

kalo bisa kasi petunjuk yang lebih jelas boleh?
oia, menurut mas medhy adsense indonesia yang paling "menjanjikan" itu yang mana?
terima kasih atas penjelasannya

Medhy Aginta mengatakan...

Sephtian's: PPC berbasis CPM dibayar jika iklan tampil di blog kita sebanyak 1000 impresi. Jadi tanpa diklikpun akan dibayar jika sudah memenuhi syarat 1000 impresi.

PPC Lokal sejauh ini yang cukup lumayan KlikSaya.com dan KumpulBlogger.com.

Good luck Mas. :)

sephtian's mengatakan...

Maaf mas nanya lg, impresi itu maksudny apa? Impresi 1000? Seribu kunjungan dalam sebulan begitu?
Lalu program PPC Impresi yang bagus itu yang mana?

satu lagi, pertanyaanny gak sesuai ama tema, gimana carany bikin kotak komentar seperti punya mas Medhy ini?
saya sudah berkali2 modifikasi, tp tetap aja gagal

Maap pertanyaanny banyak, saya masih pemula, he..
Terima kasih atas penjelasannya

sephtian

Medhy Aginta mengatakan...

Sephtian's: Impresi, sederhananya banyaknya halaman blog kita dibuka oleh pengunjung. 1000 impresi berarti 1000 kali dibuka pengunjung. Bukan 1000 unique visitors lho. Beda Mas Sephtian. :)

sarif husin mengatakan...

mas saya tertarik bikin ebook sendiri tetapi kendalanya membuat halaman jualnya gimanaya saya hanya bisa bikin ebook dan koverya saja untuk menggabungkan kover dan isi nya aku masih bingung terus membuat halaman jualnya juga aku blombisa tolong dong kasih solusinya?

sephtian's mengatakan...

oia mas, saya pernah baca tentang PayPerRead, yang "katanya" dibayar jika kita membaca email dari penyedia PPR tersebut..
salah satunya link2communion, katanya lagi bisa kasih kita duit sampai puluhan ribu dolar, itu benar tidak sih?
sebenarnya PPR itu ada tidak

Medhy Aginta mengatakan...

Sarif Husin: Terus terang saya juga masih belajar bikin ebook kok Mas. Tapi yang terpenting, prinsipnya asal ebook kita isinya bermanfaat, walaupun tampilan fisiknya jelek, pasti banyak yang nyari kok Mas. Good luck ya!

Sephtian: PTR (Pay to Read) memang ada Mas. Cuma popularitasnya semakin jatuh karena banyaknya scamm di program PTR. Pesan saya, hati-hati saja sebelum bergabung dengan program PTR.

Bang Kritikus mengatakan...

mas medhy...kalo ikutan ptr dengan text link ads mana yang lebih rawan menurunkan PR kita ya mas ?

Medhy Aginta mengatakan...

Bang Kritikus: PTR (Pay to Read) kan nggak perlu punya blog Bang. Cuman baca email di Inbox kita kok. :)

Cara Mencari Backlink Buat Pemula mengatakan...

Mas, adakah tutorial khusus buat mengikuti program paid to review nggak mas. Makasih sebelumnya.

Medhy Aginta mengatakan...

Cara Mencari: Kayaknya Mas Ecko (ekonurhuda.com) udah bikin ebook gratis tentang paid review Mas. Silahkan dicoba dicek. :)

rickycyber.blog.spot mengatakan...

ass,,mas medhy...perkenalkan saya ricky si anak bawang,,saya kan baru bikin blog.saya masih agak bingung dengan apa yang saya akan postingkan di blog saya...saya boleh minta pendapat ga mas trus saya juga boleh ga minta di ajarkan tips untuk mengembangkan blog dan mendapatkan uang dari blog,,maaf ya mas sblumnya udah ngrepotin...ya maklum saja mas saya hanya tamatan smk yang ingin mencari peruntungan di dunia maya seperti mas medhy ini...

tolong di balas ya mas,,,salam sukses selalu buat mas medhy

Medhy Aginta mengatakan...

RickyCyber: Salam kenal juga Mas Ricky. Ada cukup banyak artikel yang bisa menjawab pertanyaan Mas Ricky di blog ini. Silahkan baca-baca arsip artikel Blogguebo jika ada waktu luang Mas Ricky. Atau, tunggu buku saya terbit tahun ini. Good luck.

Christian mengatakan...

Artikel ya bagus sangat bermanfaat untuk semua yang ingin mencari penghasilan secara on line, Thanks tipsnya n sukses selalu

Blog4Money mengatakan...

Mantap infonya mas.. buat kami yang masih belajar, info ini sangat bermanfaat

Strategi Promosi mengatakan...

sipp......mantap infonya mas....

Medhy Aginta mengatakan...

Blog4Money: Semoga bermanfaat ya Mas. Good luck! :)

belajar bisnis online mengatakan...

tapi rasanya kalau bahasa indonesia dapet penghasilanya kecil deh, kecuali udah bener2 rame. tapi nice tips

Anonim mengatakan...

Wah ini blog terbaik yg pernah sy temuin.
terus terang sy newbie buanget mas. soalnya sy adalah anak jalanan yg udah lama pingin merubah nasib. siapa tahu belajar dari blog ini saya bisa. Terima kasih banyak mas atas ilmunya, dan boleh kan ini blog ini saya copy ke blog saya. Sekali lagi terima kasih, Semoga Tuhan memberkati mas Medhi sekeluarga, Amin.

Medhy Aginta mengatakan...

Anonim: Thanks banget apresiasinya, Mas. Kalau mau di-copy, silahkan, asal tetap mencantumkan link ke artikel asli yang dikutip.

Semoga sukses juga Mas. Good luck!

AsrieGoes mengatakan...

tipsnya bagus2, mo ikutan nyoba ah. Thks ya

mylifemylearning mengatakan...

Bikin blognya gampang mas, datengin visitornya pake keringat, darah dan airmata... Wihihi.. *lebay*

erwin mengatakan...

wah.tipsnya lengkap.makasih mas atas infonya

hermanweb mengatakan...

ini yg sy cari. thanks :)

Daily Good Tips mengatakan...

Blogku yang Daily Blog Tips belum menghasilkan 1 senpun tapi yang Tukang Kritik sudah menghasilkan. Ilmu Bang Medhy sangat bermanfaat

newmum mengatakan...

tuk program2 di atas bisa gak wat blog2 yang blum punya pagerank bang?

ab-doel mengatakan...

tks for informasinya mas... gue demen yang beginian neh.. ngajari pemula seperti gue... hehehe..gue cobain ah.. pa tau guenya sukseess...
lam kenal j ya mas...

welcome to troy mengatakan...

makasih infonya,tapi saya masih gagap neh....

Blogger Sragen mengatakan...

Kelihatan mudah tapi kenyataannya sangat sulit mas. Saya sebenarnya sangat ingin mengikuti paid to review. Tapi harus bahasa inggris. Sementara yang lokal belum pernah mendapatkan jobs.
Makasih sudah sharing

Hamzah mengatakan...

Akan menghasilkan uang kalau didukung konten yang bagus, traffic dan PR yang lumayan.

haltedunia mengatakan...

Terimakasih mas untuk sharing ilmunya, sangat bermanfaat dan mengundang semangat untuk terus berusaha sampai berhasil...doakan ya mas :)
Jangan bosan utk terus membagikan ilmunya ya mas, semoga blog ini bisa mendatangkan keberkahan seperti layaknya saya yg bisa mendapatkan banyak ide dan ilmu dari blog ini....Amiin

duniaindah mengatakan...

makasih mas infonya ^_^

nengratna mengatakan...

kalau blog pelajar yang masih ecek-ecek kayak gini bagusnya gimana mas? http://nengratna.blogspot.com/

Fery mengatakan...

sayangnya kebanyakan ppc indo cuman dipasangin iklan2 money game yang kurang jelas, bener2 bisa menjatuhkan image ppc indo.

kuryt mengatakan...

yah makasih om buat infonya..

lam kenal myokezone

mutiara mengatakan...

Berbagai macam cara
untuk mencari duit receh di internet
bagi yang gabk bisa english :)

Poskan Komentar

Comment Policy:
Kolom komentar ini dilengkapi dengan fitur Spam Detection.
Komentar yang tidak menggunakan NAMA YANG SEBENARNYA dan terdeteksi sebagai spam akan dihapus.
We hate spammers, right? Please, don't be spammer too. Thanks for your awesome comments.